ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA DALAM NOVEL BANDIT BANDIT BERKELAS KARYA TERE LIYE SEBAGAI BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Kata Kunci:
Kepribadian Tokoh, Modul Ajar, Psikologi SastraAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh-tokoh dalam novel Bandit-Bandit Berkelas karya Tere Liye serta mengkaji penerapannya sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan sumber data utama berupa novel tersebut dan sumber data pendukung berupa buku, jurnal, serta literatur relevan. Data diperoleh melalui studi dokumentasi dengan peneliti sebagai instrumen utama, kemudian dianalisis menggunakan teori struktur kepribadian Sigmund Freud yang meliputi Id, Ego, dan Superego. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para tokoh memiliki kepribadian yang beragam dan kompleks, di mana unsur Id tercermin melalui keberanian, ambisi, serta keinginan untuk bebas; Ego terlihat dalam sikap rasional, kemampuan mengendalikan diri, dan menyesuaikan diri; sedangkan Superego tampak melalui moralitas, empati, dan rasa tanggung jawab. Temuan tersebut kemudian diimplementasikan ke dalam modul bahan ajar sastra untuk siswa SMA. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh tiga ahli, yakni Validasi 1 dengan skor 3,25 (Cukup), Validasi 2 dengan skor 4,00 (Baik), dan Validasi 3 dengan skor 5,00 (Sangat Baik). Berdasarkan hasil validasi tersebut, modul dinyatakan efektif serta layak digunakan sebagai bahan ajar guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap analisis psikologi sastra.
This study aims to describe the personalities of the characters in the novel Bandit-Bandit Berkelas by Tere Liye and to examine its application as a teaching material in literature learning at the senior high school level. The research employs a qualitative method with a descriptive approach, using the novel as the primary data source and additional references such as books, journals, and relevant literature as secondary data sources. Data were collected through documentation studies with the researcher serving as the main instrument and analyzed using Sigmund Freud’s theory of personality structure, which includes the Id, Ego, and Superego. The results of the study reveal that the characters possess diverse and complex personalities, where the Id is reflected in traits of courage, ambition, and the desire for freedom; the Ego is seen in rationality, self-control, and adaptability; while the Superego is evident in morality, empathy, and a sense of responsibility. These findings were then implemented into a literature teaching module for high school students. The developed module was validated by three experts, namely Validation 1 with a score of 3.25 (Fair), Validation 2 with a score of 4.00 (Good), and Validation 3 with a score of 5.00 (Excellent). Based on these validation results, the module was declared effective and suitable for use as teaching material to enhance students’ understanding of literary psychology analysis.


