PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DI DIK KELAS XI B3 SMA NEGERI 3 PALU

Penulis

  • Rosmawati Universitas Tadulako
  • I Nyoman Murdiana Universitas Tadulako

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Matematika, Teaching At The Right Level

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XI B3 SMA Negeri 3 Palu melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta tes hasil belajar pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar matematika peserta didik setelah penerapan pendekatan TaRL. Rata-rata nilai meningkat dari 75 pada siklus I menjadi 93 pada siklus II, sedangkan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 58,33% menjadi 91,67%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa pendekatan TaRL efektif dalam menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kemampuan aktual peserta didik, sehingga membantu mereka memahami konsep matematika secara lebih bermakna. Selain itu, pengelompokan peserta didik berdasarkan level kemampuan dan kolaborasi dalam kelompok heterogen terbukti mendorong keterlibatan aktif, rasa percaya diri, serta terjadinya transfer pengetahuan antar peserta didik. Dengan demikian, penerapan Teaching at the Right Level (TaRL) dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika di jenjang SMA.

This study aims to improve the mathematics learning outcomes of Class XI B3 students at SMA Negeri 3 Palu through the implementation of the Teaching at the Right Level (TaRL) approach. The research employed a Classroom Action Research (CAR) design conducted in two cycles, each consisting of planning, action, observation, and reflection stages. Data were collected through classroom observations of teachers and students as well as learning achievement tests administered at the end of each cycle. The findings indicate a significant improvement in students’ mathematics performance after the implementation of the TaRL approach. The average score increased from 75 in Cycle I to 93 in Cycle II, while the percentage of students achieving mastery rose from 58.33% to 91.67%. These results demonstrate that the TaRL approach is effective in aligning instruction with students’ actual learning levels, enabling them to understand mathematical concepts more meaningfully. Furthermore, grouping students based on ability levels and promoting collaboration within heterogeneous groups fostered active participation, confidence, and peer learning. Therefore, the Teaching at the Right Level (TaRL) approach can serve as an effective instructional strategy to enhance mathematics learning outcomes at the senior high school level.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30