ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM-BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI
Kata Kunci:
Biologi, Higher-Order Thinking Skills, Problem Based Learning, Studi LiteraturAbstrak
This research aims to analyze the contribution of the Problem-Based Learning (PBL) Model to the improvement of students' Higher-Order Thinking Skills (HOTS) in Biology learning, considering the low HOTS achievement and the urgency of 21st-century skills. The study employs a descriptive qualitative method through a literature review, tracing relevant articles published from 2019 to 2025. The analysis consistently shows that PBL provides a significant and positive influence on the enhancement of students HOTS. The PBL mechanism, which focuses on solving authentic problems independently and scientifically, is proven effective in training students' critical, analytical, synthetic, and problem-solving skills (LT1, LT4, LT7). This superiority of PBL addresses the limitations of conventional, teacher-centered, and passive learning. PBL also enhances students' autonomy, communication, and sensitivity to contextual issues. It is concluded that PBL is a highly relevant and efficient strategy for developing and improving students' HOTS in the subject of Biology.
Penelitian ini bertujuan menganalisis kontribusi penerapan Model Problem-Based Learning (PBL) terhadap peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher-Order Thinking Skills/HOTS) siswa pada pembelajaran Biologi, mengingat rendahnya capaian HOTS dan urgensi keterampilan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui kajian pustaka yang menelusuri artikel-artikel relevan tahun 2019-2025. Hasil analisis konsisten menunjukkan bahwa PBL memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap peningkatan HOTS siswa. Mekanisme PBL, yang berfokus pada penyelesaian masalah autentik secara mandiri dan ilmiah, terbukti efektif melatih keterampilan kritis, analitis, sintetik, dan pemecahan masalah siswa (LT1, LT4, LT7). Keunggulan PBL ini mengatasi kendala pembelajaran konvensional yang cenderung teacher-centered dan pasif. PBL juga meningkatkan kemandirian, komunikasi, dan kepekaan siswa terhadap masalah kontekstual. Disimpulkan bahwa PBL merupakan strategi yang sangat relevan dan efisien untuk mengembangkan dan meningkatkan HOTS siswa pada mata pelajaran biologi.


