PENERAPAN MODEL PROJECT BASED-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI ANALISIS PROSES DAN HASIL PROYEK
Kata Kunci:
Project Based-Learning, Kreativitas, Pembelajaran Matematika, Statistika Bivariat, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Project Based-Learning (PjBL) dalam meningkatkan kreativitas peserta didik pada materi statistika bivariat. Kreativitas yang dikaji meliputi empat indikator utama, yaitu fluency, flexibility, originality, dan elaboration, yang diamati baik dari proses pengerjaan proyek maupun hasil produk yang dihasilkan siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-5 SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu sebanyak 36 orang, dengan fokus observasi pada tiga kelompok yang mewakili kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Setiap siklus melibatkan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dengan model PjBL dan penggunaan media digital (Microsoft Excel/Spreadsheets dan PowerPoint), observasi proses, serta refleksi hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kreativitas siswa pada semua kelompok. Persentase capaian kreativitas meningkat dari 60%, 50%, dan 35% pada siklus I menjadi 95%, 75%, dan 70% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa PjBL efektif mendorong pengembangan kreativitas siswa melalui pembelajaran berbasis proyek yang kontekstual, kolaboratif, dan reflektif. Temuan ini mengindikasikan bahwa PjBL dapat menjadi pendekatan strategis dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21.


