KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNS DALAM PANDANGAN TEORI TRAIT-STATE ANXIETY
Kata Kunci:
Kecemasan Berbicara, Berbicara Di Depan Umum, Pendidikan AkuntansiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sampel diambil secara convenience sampling sebanyak 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam kepada informan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah masih terdapat gejala kecemasan berbicara di depan umum yang dialami oleh mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS. Gejala tersebut meliputi gejala pada dimensi fisik, mental, dan emosional. Setiap informan mengalami gejala kecemasan berbicara yang berbeda, gejala tersebut sesuai dengan indikator kecemasan berbicara yang dikemukakan oleh Spielberger yang terdiri dari Trait Anxiety dan State Anxiety. Kecemasan berbicara tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti overthinking terhadap pandangan orang lain, kurang persiapan dan penguasaan materi, dan penyebab lainnya yang berdampak pada pendidikan maupun karir. Mahasiswa sudah mempunyai solusi yang dapat mengurangi kecemasan berbicara di depan umum yang dialami.
This This study aims to examine the extent of public speaking anxiety experienced by Accounting Education students at UNS. Employing a qualitative research design. The study sampled 30 students using convenience sampling. Data were collected through in-depth interviews and analyzed using an interactive model comprising data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Findings reveal that symptoms of public speaking anxiety persist among the students, manifesting across physical, mental, and emotional dimensions. The manifestations varied among informants and aligned with Spielberger’s conceptualization of anxiety, encompassing both Trait Anxiety and State Anxiety. Factors contributing to this anxiety include excessive concern over others' perceptions, inadequate preparation, insufficient material mastery, and other related causes impacting academic performance and career prospects. The students also identified coping strategies to mitigate their public speaking anxiety.