PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Kata Kunci:
Project Based Learning, Komunikasi Matematis, Spreadsheet, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan spreadsheet/Excel. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus pada tiga siswa kelas XI-1 SMA Model Terpadu Madani yang dipilih berdasarkan kategori kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif berdasarkan lima aspek komunikasi matematis, yaitu komunikasi ide, representasi dan visualisasi, keakuratan bahasa dan simbol, penalaran logis, serta respons terhadap masukan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada semua subjek dari siklus I ke siklus II. Siswa dengan kategori tinggi meningkat dari 70% menjadi 88%, kategori sedang dari 55% menjadi 76%, dan kategori rendah dari 45% menjadi 68%. Peningkatan ini dicapai melalui perbaikan strategi pada siklus II dengan lebih memperhatikan sintaks PjBL, pembagian peran yang jelas, serta pemberian stimulus berupa pertanyaan terbuka. Dengan demikian, penerapan PjBL berbantuan spreadsheet/Excel terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa, baik pada kategori tinggi, sedang, maupun rendah.