PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GLASSER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN 1 PRAYA
Kata Kunci:
Model Glasser, Choice Theory, Pendidikan Kewarganegaraan, Pembelajaran Humanistik, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas Model Pembelajaran Glasser dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di kelas VIII SMPN 1 Praya. Penelitian ini berbasis pada Choice Theory oleh William Glasser, model ini menekankan pemenuhan lima kebutuhan psikologis dasar yaitu kelangsungan hidup, cinta dan rasa memiliki, kekuasaan, kebebasan, dan kesenangan sebagai fondasi pembelajaran yang bermakna, otonom, dan bertanggung jawab. Dengan memposisikan guru sebagai fasilitator, model ini mendorong keterlibatan aktif siswa serta menciptakan suasana belajar yang demokratis dan relevan dengan konteks peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu tipe pre-test–post-test control group, yang melibatkan dua kelompok siswa untuk membandingkan efektivitas model terhadap hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun peningkatan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen tidak signifikan secara statistik, terdapat peningkatan yang bermakna dalam hal motivasi, partisipasi aktif, dan keterlibatan siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa Model Glasser berpotensi menjadi alternatif strategi pembelajaran yang humanistik dan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn serta pembentukan karakter kewarganegaraan yang reflektif dan kritis.
This study aims to evaluate the effectiveness of the Glasser Learning Model in improving student learning outcomes in the subject of Civic Education (PPKn) among eighth-grade students at SMPN 1 Praya. Grounded in William Glasser’s Choice Theory, the model emphasizes the fulfillment of five basic psychological needs—survival, love and belonging, power, freedom, and fun—as the foundation for meaningful, autonomous, and responsible learning. By positioning the teacher as a facilitator, the model encourages active student engagement and fosters a democratic and contextually relevant learning environment. This research employed a quantitative approach using a quasi-experimental design with a pre-test–post-test control group, involving two groups to compare the model's effectiveness. The findings reveal that, although the increase in average scores in the experimental group was not statistically significant, there was a meaningful improvement in student motivation, active participation, and engagement. These results suggest that the Glasser Learning Model holds strong potential as a humanistic and student-centered instructional strategy to enhance the quality of Civic Education and foster the development of reflective and critical citizenship.