PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING BERBANTUAN GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SD INPRES FATUKOA

Penulis

  • Maria Tiumlafu Universitas Citra Bangsa
  • Cornelia Naitili Universitas Citra Bangsa

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Brainstorming, Kemampuan Menulis Karangan Narasi

Abstrak

Tiumlafu Maria.  2024, Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming berbantuan gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Inpres Fatukoa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Citra Bangsa. Pembimbing: Cornelia Amanda Naitili, S.Pd., M.Pd & Roswita Lioba Nahak, S.Pd., M.Pd. Pelajaran Bahasa Indonesia di SD pada hakikatnya mengajarkan anak agar dapat berkomunikasi menggunkan Bahasa Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa yang baik secara lisan maupun tertulis. Akan tetapi masih banyak siswa yang kurang menguasai materi dan memperoleh nilai yang belum mencapai KKTP. Hal ini terjadi karena model pembelajaran yang digunakan biasanya adalah model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran brainstorming berbantuan gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Inpres Fatukoa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif tergolong penelitian Quasi Ekperimen, menggunakan rancangan eksperimen pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel 24 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis dan uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol dengan menggunakan uji t-test adalah 88,58 > 75,92 dengan selisih 12,66. Lebih lanjut melalui pengujian hipotesis (Independent Samples Tests) menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) uji t-test for Equality of Means sebesar 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran brainstorming berbatuan gambar seri  terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Inpres fatukoa.

Tiumlafu Maria. 2024, The Effect of Brainstorming Learning Model Assisted by Series of Pictures on the Ability to Write Narrative Essays in Grade IV Students of SD Inpres Fatukoa. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Citra Bangsa University. Advisor: Cornelia Amanda Naitili, S.Pd., M.Pd & Roswita Lioba Nahak, S.Pd., M.Pd. Indonesian Language Lessons in Elementary Schools are essentially teaching children to be able to communicate using Indonesian. Indonesian Language Learning in Elementary Schools is directed at improving students' ability to communicate in good language both orally and in writing. However, there are still many students who do not master the material and get scores that have not reached the KKTP. This happens because the learning model used is usually a conventional learning model. The purpose of this study was to determine the effect of the brainstorming learning model assisted by series of pictures on the ability to write narrative essays in grade IV students of SD Inpres Fatukoa. This type of research is quantitative research classified as Quasi Experimental research, using a pretest posttest control group design. The sampling technique used a saturated sampling technique with a sample size of 24 respondents. The instruments used in this study were tests and documentation. Data were analyzed using hypothesis testing and t-tests. The results of this study indicate that the average value of the experimental class posttest and the control class posttest using the t-test was 88.58> 75.92 with a difference of 12.66. Furthermore, through hypothesis testing (Independent Samples Tests) it shows that the sig. (2-tailed) t-test for Equality of Means is 0.000 <0.05, meaning that H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this study is that there is a significant influence of the brainstorming learning model with series of pictures on the ability to write narrative essays in grade IV students of SD Inpres Fatukoa.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29