IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR DI SMPN 3 DUSUN UTARA: TINJAUAN KRITIS TERHADAP METODE, MEDIA, DAN LITERASI FUNGSIONAL SISWA
Kata Kunci:
Teks Prosedur, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Literasi Fungsional, SMPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara kritis pelaksanaan pembelajaran teks prosedur di SMPN 3 Dusun Utara dengan menitikberatkan pada efektivitas metode pengajaran, pemanfaatan media pembelajaran, serta dampaknya terhadap peningkatan literasi fungsional siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan masih bersifat konvensional dan kurang partisipatif, media pembelajaran belum memanfaatkan teknologi secara optimal, serta literasi fungsional siswa masih tergolong rendah, terutama dalam aspek penerapan teks prosedur dalam kehidupan sehari-hari. Diperlukan inovasi dalam pendekatan pedagogis dan pemanfaatan media digital untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran.
This study aims to critically evaluate the implementation of procedural text learning at SMPN 3 Dusun Utara by focusing on the effectiveness of teaching methods, the utilization of learning media, and its impact on students' functional literacy. The research employs a descriptive qualitative method using a case study approach. Data were collected through classroom observations, interviews with teachers and students, and analysis of instructional documents. The findings indicate that the teaching methods remain conventional and lack participatory elements; the learning media do not yet fully utilize digital technology; and students’ functional literacy remains low, particularly in applying procedural texts in real-life contexts. Innovations in pedagogical approaches and digital media integration are required to enhance student engagement and learning effectiveness.