PENGEMBANGAN APLIKASI GAME LANOTA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Kata Kunci:
Pengembangan, Aplikasi Game LANOTA, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan dan kelaayakan aplikasi Game LANOTA untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan suatu jenis penelitian R&D (Reearch and Development) yang mengikuti model pengembangan 4D. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian ini terdiri dari kuesioner uji kevalidan ahli media, kuesioner uji keterbacaan Aplikasi Game LANOTA oleh peserta didik. Dari hasil validasi ahli materi dan ahli media diperoleh persentase 88,5% dari validator 1 dan 84,0% dari validator 2 rerata skor 86,36% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian uji keterbacaan Aplikasi Game LANOTA oleh mahasiswa universitas Cordova memiliki persentase 89,8% dengan kriteria sangat baik. Sehingga bisa dikatakan Aplikasi Game LANOTA yang sedang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
This study aims to determine how the development process and feasibility of the LANOTA Game application to increase student learning motivation. The research conducted is a type of R&D (Research and Development) research that follows the 4D development model. Data collection techniques in this study are observation, interviews, documentation and questionnaires. The research instrument consists of a media expert validity test questionnaire, a LANOTA Game Application readability test questionnaire by students. From the results of the validation of material experts and media experts, a percentage of 88.5% was obtained from validator 1 and 84.0% from validator 2, an average score of 86.36% with very feasible criteria. Based on the results of the assessment of the LANOTA Game Application readability test , it has a percentage of 89.8% with easy criteria. So it can be said that the LANOTA Game Application being developed is feasible for use in learning.