KEPRAKTISAN PENGGUNAAN MEDIA E-BOOK BERBASIS SETS JALUR SLUIS SURABAYA DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA MATERI FLUIDA STATIS

Penulis

  • Muhammad Izzul Haq Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Sucahyo Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Keefektivan, E-Book, Fluida Statis, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepraktisan e-book berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Fisika Fluida Statis. Penelitian dengan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan desain pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Pada tahap Implementasi ini menggunakan penelitian pra-eksperimental. desain pretest-posttest satu kelompok. Pengumpulan data menggunakan purposive sampling di salah satu Sekolah Menegah Atas Negeri di Kota Surabaya kelas XI sebanyak 37 peserta didik sebagai sampel data. Pembelajaran dengan model PBL menggunakan e-book berbasis SETS pada materi fluida statis menunjukkan hasil sangat praktis, dengan persentase keterlaksanaan mencapai 97,50%. Respon peserta didik juga mendukung temuan ini, dengan tingkat kepraktisan sebesar 88,47%. Selanjutnya kedua skor ini diinterpretasikan menurut kriteria (Riduwan, 2015) masuk dalam kategori Sangat Praktis.

This study aims to analyze the practicality of e-books based on Science, Environment, Technology, and Society (SETS) to improve students' critical thinking skills in Static Fluid Physics material. The type of research is Research and Development (R&D) using the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate) development design. In this Implementation stage, pre-experimental research is used. One-group pretest-posttest design. Data collection using purposive sampling in one of the State Senior High Schools in Surabaya City, class XI, as many as 37 students as data samples. Learning with the PBL model using SETS-based e-books on static fluid material shows very practical results, with a percentage of implementation reaching 97.50%. Student responses also support this finding, with a level of practicality of 88.47%. Furthermore, these two scores are interpreted according to the criteria (Riduwan, 2015) included in the Very Practical category.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29