METODOLOGI DAN PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Muhammad Ali Akbar Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis
  • Cahya Rahmadani Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis
  • Rahmat Hidayat Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis
  • Runi Lara Kinanti Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis
  • Siti Nurariza Yanti Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis
  • Wasilah Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis
  • Ika Kurnia Sofiani Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis

Kata Kunci:

Metodologi, Pendekatan, Pendidikan Islam

Abstrak

Pendidikan Islam bertujuan membentuk pribadi muslim secara menyeluruh dengan menerapkan metode dan pendekatan yang selaras dengan prinsip-prinsip Islam. Artikel ini membahas berbagai metode pendidikan Islam, baik yang bersifat tradisional maupun modern. Fokus kajiannya terletak pada seberapa efektif pendekatan-pendekatan tersebut dalam mengembangkan karakter, spiritualitas, serta intelektualitas peserta didik secara holistik. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan merujuk pada sumber-sumber seperti jurnal, buku, dan literatur relevan lainnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perpaduan antara metode klasik seperti ceramah, keteladanan, dan hafalan dengan pendekatan modern seperti metode dialogis, kontekstual, dan konstruktivis dapat meningkatkan mutu pendidikan Islam. Ini menunjukkan perlunya pembaruan metode dan pendekatan pendidikan untuk menjawab tantangan zaman, tanpa meninggalkan nilai-nilai inti ajaran Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29