Pengembangan Instrumen Evaluasi Matematika dengan Soal Esay untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi Himpunan pada Kelas VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEDAN

Penulis

  • Siti Jubaidah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Intan Sari Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Windi Ariani Pratiwi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Riana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nabila Adelia Dahlan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lia Syahfitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Instrumen, Kemampuan Berpikir Kreatif, Himpunan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen matematika berupa soal esai yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi himpunan di kelas 7. Metode penelitian yang digunakan meliputi tahap pengembangan instrumen, tahap implementasi, dan tahap analisis data. Analisis data menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti instrumen evaluasi ini mencapai peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif mereka, terutama dalam mengidentifikasi pola, membuat generalisasi, dan menemukan solusi yang tidak konvensional. Sebuah instrumen evaluasi kemampuan berpikir kreatif dalam matematika telah dirancang dan diverifikasi dalam hal validitas konten dan penampilan. Tes ini juga menunjukkan daya pembeda yang signifikan dan tingkat kesulitan yang tinggi dan sedang. Oleh karena itu, butir – butir soal dalam tes kemampuan berpikir kreatif ini dapat digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian.

This research aims to develop a mathematical instrument in the form of essay questions that can improve students' creative thinking abilities on set material in class 7. The research method used includes the instrument development stage, implementation stage, and data analysis stage. Data analysis shows that students who took this evaluation instrument achieved significant improvements in their creative thinking abilities, especially in identifying patterns, making generalizations, and finding unconventional solutions. An instrument evaluating creative thinking abilities in mathematics has been designed and verified in terms of content validity and performance. This test also shows significant discriminating power and high and medium levels of difficulty. Therefore, the items in this creative thinking ability test can be used to collect data in research.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31