PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII YAYASAN PENDIDIKAN NURUL HASANIAH TAHUN AJARAN 2024/2025
Kata Kunci:
Treffinger, Pembelajaran, Menulis, Teks PersuasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII di Yayasan Pendidikan Nurul Hasaniah tahun ajaran 2023/2024. Masalah dalam penelitian ini berfokus pada rendahnya kemampuan siswa dalam menyusun teks persuasi yang logis, sistematis, dan menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment). Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Treffinger dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif.Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks persuasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 84,5 dengan kategori dominan "sangat baik", sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 71 dengan kategori dominan "cukup". Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai t<sub>hitung</sub> sebesar 7,12 lebih besar daripada t<sub>tabel</sub> sebesar 2,00 pada taraf signifikansi 0,05, sehingga H₀ ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa. Model ini efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa secara kreatif dan terstruktur.