PENGARUH MEDIA BUKU 3 DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD
Kata Kunci:
Membangun ruang, pengaruh media, buku tiga dimensi, memahami konsepAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Buku 3Dimensi terhadap kemampuan memahami konsep ruang bangunan bagi siswa kelas V di SDN 02 Semitau Kec. Semintau, Kabupaten Kapuas Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pre-eksperimental dan desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V sebanyak 24 orang. Penelitian dilakukan dalam 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Serta teknik analisis data menggunakan uji instrumen, uji normalitas dan uji t. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pengaruh media buku 3 dimensi, sedangkan variabel dependen (Y) adalah konsep ruang bangunan. Populasi yang termasuk dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik yang digunakan untuk penentuan menggunakan sampel jenuh. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan soal tes. Teknik pengumpulan menggunakan tes. Teknik pengumpulan menggunakan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t (dependent sample test) yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas.