RELEVANSI METODE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kata Kunci:
Metode Snowball Throwing, Kemampuan Belajar Siswa, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan partisipasi aktif dan kemampuan belajar siswa. Metode pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru seringkali menghasilkan keterlibatan siswa yang rendah dan pemahaman materi yang kurang optimal. Metode snowball throwing sebagai salah satu teknik pembelajaran kooperatif menawarkan pendekatan inovatif yang dapat meningkatkan interaksi siswa dan memperdalam pemahaman materi PAI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi penerapan metode snowball throwing dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta mengidentifikasi dampaknya terhadap motivasi, partisipasi, dan hasil belajar siswa. Metode snowball throwing terbukti relevan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode ini berhasil menciptakan pembelajaran yang interaktif, meningkatkan partisipasi siswa, dan memperdalam pemahaman terhadap nilai-nilai Islam. Implementasi metode ini dapat menjadi alternatif inovatif bagi guru PAI untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan menarik bagi siswa.