IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Okta Rosfiani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Nur Falah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Amira Mujahidah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Rafi Nugroho Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Asyifaul Mahfuzoh Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kata Kunci:

Pembelajaran CIRC, Kemampuan Berpikir Kritis, Mengklarifikasi Merepresentasi Ide Baru, Mengaitkan Berbagai Konsep

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam mengembangkan kemampuan berpikir krtitis siswa usia SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Sebanyak 25 siswa dan guru kelas III-A SD Islam Plus As-Sa’adatain Gandul, Kecamatan Cinere, Kota Depok terlibat dalam penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumen hasil tes kemampuan pemahaman konsep. Proses analisis data diawali dengan menelaah seluruh data yang diperoleh dari hasil observasi, hasil wawancara dan dokumen yang berhubungan dengan implementasi metode CIRC dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan reduksi data untuk pengambilan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi yang memadukan data observasi, data hasil wawancara, dan data dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode CIRC dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III-A terbukti mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, dimana siswa mampu menyatakan ulang ide mereka, mengklarifikasi, membuat representasi baru, menerapkan ide, dan mengaitkan berbagai konsep satu sama lain.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30