The Use of Genre based Approach to Improve students’ Writing Skill on NarrativeTextFor Tenth Grader in the Academic Year of 2023 / 2024
Kata Kunci:
Games-Based Learning (GBA), Keterampilan Menulis Karangan, Prestasi Siswa.Abstrak
Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan GBA untuk meningkatkan prestasi siswa. Keterampilan menulis karangan siswa kelas X SMA Negeri 1 Maumere tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan Kemmis dan Mc Taggart merancang penelitian kerja kelas, empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, dan alat penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Penelitian ini mengambil kelas X dengan jumlah peserta 32 orang. Hasil pre-test sebelum menggunakan GBA sebesar 28,12% dan rasio kelas sebesar 6,96%. Setelah menggunakan GBA, kemampuan menulis level X meningkat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya kiriman siswa. Keterampilan menulis pada siklus I dan II. Rasio siklus I sebesar 56,25% dan rata-rata kelas sebesar 73,90 %. Pada Siklus II persentasenya sebesar 87,25% dan persentase kelasnya sebesar 84,53. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa GBA dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Keterampilan menulis esai. GBA dapat digunakan sebagai alat baru untuk mengajar menulis di kelas.
This study explores the use of GBA to improve student achievement. Essay writing skills for class X students of SMA Negeri 1 Maumere for the academic year 2023/2024. The research method used was Kemmis and Mc Taggart designed a classroom work study, four stages: planning, action, observation and reflection, and the tools of this research are observation, interview and test. This study was conducted in two cycles in each cycle there was two meetings. The study took class X with 32 participants. The pre-test results before using the GBA were 28.12% and the class ratio was 6.96%. After using the GBA, the level X writing ability improved. This can be seen in the increasing number of student submissions. Writing skills in cycles I and II. The first cycle ratio is 56,25% and the class average is 73,90 %. In Cycle II, the percentage was 87.25 % and the class percentage was 84,53. From this study, it can be concluded that GBA can improve students' learning ability. Essay writing skills. The GBA can be used as a new tool for teaching writing in the classroom.