KEMAMPUAN MAHASISWA MESIN DALAM MEMAHAMI MATERI DRAWING HINGGA LAYOUT PADA AUTOCAD DASAR
Kata Kunci:
Pembelajaran Interaktif, Autocad Dasar, Kemampuan Mahasiswa, Pemahaman FituAbstrak
Penguasaan perangkat lunak AutoCAD merupakan keterampilan dasar yang penting bagi mahasiswa Teknik Mesin dalam mendukung pemahaman dan penerapan gambar teknik secara profesional. Namun, tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan yang memadai dalam menggunakan fitur-fitur dasar AutoCAD, terutama dalam tahap awal pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana mahasiswa Teknik Mesin memahami dan menguasai fitur-fitur dasar AutoCAD, seperti drawing, modify, layers, annotate, dan layout. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survei, melalui penyebaran angket terbuka kepada 35 mahasiswa. Instrumen penelitian telah divalidasi oleh ahli untuk memastikan kelayakan butir pertanyaan. Hasil menunjukkan bahwa 57,1% mahasiswa baru mulai menggunakan AutoCAD pada semester ini, dan sebagian besar (80%) hanya menggunakannya 1–2 kali per minggu. Pembelajaran masih didominasi melalui perkuliahan di kampus (57,1%). Penguasaan tertinggi terdapat pada fitur drawing (80%) dan modify (68,6%), sedangkan annotate, layers, dan layout masih tergolong rendah. Kendala utama yang dihadapi mahasiswa meliputi kurangnya bimbingan, kesulitan memahami perintah dasar, serta keterbatasan perangkat. Berdasarkan temuan ini, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih interaktif, praktis, dan terarah untuk meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap AutoCAD sebagai bekal menghadapi tantangan di dunia industri.
Mastery of AutoCAD software is an important basic skill for Mechanical Engineering stu-dents in supporting the understanding and application of engineering drawings profession-ally. However, not all students have adequate skills in using the basic features of Auto-CAD, especially in the early stages of learning. This study aims to evaluate the extent to which Mechanical Engineering students understand and master the basic features of Au-toCAD, such as drawing, modify, layers, annotate, and layout. The study used a descrip-tive method with a survey approach, through the distribution of open questionnaires to 35 students. The research instrument has been validated by experts to ensure the feasibility of the questions. The results show that 57.1% of new students started using AutoCAD this semester, and most (80%) only used it 1-2 times per week. Learning is still dominated by lectures on campus (57.1%). The highest mastery is in the drawing (80%) and modify (68.6%) features, while annotate, layers, and layout are still relatively low. The main ob-stacles faced by students include lack of guidance, difficulty understanding basic com-mands, and limited devices. Based on these findings, a more interactive, practical, and fo-cused learning strategy is needed to improve students' mastery of AutoCAD as preparation for facing challenges in the industrial world.