STRATEGI SEKOLAH DALAM MEMPERSIAPKAN AKREDITASI DI SDN 016 SUNGAI KUNJANG
Kata Kunci:
Akreditasi Sekolah, Strategi Mutu, Manajemen Pendidikan, Standar Nasional Pendidikan (SNP)Abstrak
Akreditasi merupakan salah satu bentuk penjaminan mutu eksternal yang penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di satuan pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang diterapkan oleh SDN 016 Sungai Kunjang dalam mempersiapkan proses akreditasi sehingga berhasil meraih akreditasi A. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil kajian menunjukkan bahwa keberhasilan sekolah dalam mencapai akreditasi unggul tidak terlepas dari penerapan manajemen mutu terpadu, pelaksanaan evaluasi diri secara berkala, pembentukan tim penjamin mutu internal, pemanfaatan sistem informasi manajemen sekolah, serta pemenuhan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Strategi yang diterapkan tidak bersifat temporer, melainkan berkelanjutan dan terintegrasi dalam budaya kerja sekolah. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi sekolah lain dalam mempersiapkan akreditasi secara efektif dan berkelanjutan.
Accreditation is one of the external quality assurance mechanisms that plays a crucial role in improving the quality of education at the primary school level. This study aims to examine the strategies implemented by SDN 016 Sungai Kunjang in preparing for the accreditation process, which successfully resulted in an “A” accreditation rating. The research employed a descriptive qualitative method with a case study approach. The findings reveal that the school's success in achieving excellent accreditation status is closely linked to the implementation of Total Quality Management (TQM), regular self-evaluations, the establishment of an internal quality assurance team, the use of a school management information system, and the fulfillment of the eight National Education Standards (SNP). The strategies applied were not temporary but continuous and integrated into the school’s work culture. These findings can serve as a reference for other schools in preparing for accreditation in an effective and sustainable manner.