MEMBANGUN KESADARAN GLOBAL MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING
Kata Kunci:
Global, Pendekatan, Experiential, LearningAbstrak
Memasuki era globalisasi dan revolusi industri 4.0 menimbulkan berbagai dampak yang tak terhindarkan bagi segala aspek kehidupan manusia baik itu berupa dampak positif maupun negatif. Pendidikan dalam hal ini memiliki peran penting, yaitu berfungsi untuk mencegah dan membentengi diri dari dampak negatif globalisasi. Hal ini menyebabkan timbulnya permasalahan terkait kualitas Pendidikan, terutama menyangkut output Pendidikan, sehingga menuntut peran kreatif pendidik sebagai agent of change. Tujuan penelitian ini untuk melihat peran pendekatan pembelajaran experiential learning dalam meningkatkan kesaaran global. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan yang mengkaji konsep dari sumber bacaan dan literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan experiential learning yang bersifat holistik dapat memberi kontribusi positif dalam meningkatkan kesadaran global peserta didik. Guru dapat menerapkan pendekatan ini dalam pembelajaran dengan mengaitkan materi kepada pengalaman langsung sehingga peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang lebih berkualitas dan mendalam.
Entering the era of globalization and the industrial revolution 4.0 has caused various unavoidable impacts on all aspects of human life, both positive and negative. Education in this case has an important role, namely to prevent and fortify itself from the negative impacts of globalization. This causes problems related to the quality of education, especially concerning the output of education, thus demanding the creative role of educators as agents of change. The purpose of this study is to see the role of the experiential learning approach in increasing global awareness. The research methodology used is library research that examines concepts from reading sources and literature. The results of this study indicate that a holistic experiential learning approach can make a positive contribution to increasing global awareness of students. Teachers can apply this approach in learning by linking material to direct experience so that students get a higher quality and deeper learning experience.