PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIDATO PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Penulis

  • Silvia Yulandari Tambunan Universitas Negeri Medan
  • Azhar Umar Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pengaruh, Talking Stick, Keterampilan Berpidato

Abstrak

Kemampuan siswa kelas VIII SMPN 4 Medan dalam keterampilan berpidato persuasif belum optimal, dikarenakan kurangnya pengetahuan, keterampilan dan motivasi siswa dalam pidato persuasif dan masih kesulitan dalam membuat pernyataan, ajakan atau bujukan, yang merupakan elemen penting dalam persuasif. Model pembelajaran Talking Stick merupakan sebuah varian model pembelajaran yang akan membuat kegiatan pembelajaran menarik dan menyenangkan melalui kegiatan bermain, serta dapat melatih mental dan membuat anak aktif saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap keterampilan berpidato persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 340 siswa yang tersebar dalam 11 kelas. Sampel yang diambil sebanyak 27 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental. Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas kontrol dengan nilai rata-rata 68,22, standart deviasi 4,29. Digolongkan sebagai kategori kurang. Sedangkan hasil post-test diperoleh dengan nilai rata-rata 87,88. Standart deviasi 3,70. Digolongkan sebagai kategori sangat baik. Berdasarkan pengujian uji normalitas diperoleh bahwa data dalam penelitian berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh bahwa data dalam penelitian disebut sebagai data homogen. Dan pada penguji hipotesis di peroleh nilai uji t sebesar 18,029 dengan p value 0,000 (< 0,05), Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Talking Stick terhadap keterampilan berpidato persuasif pada siswa kelas VIII SMPN 4 Medan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30