ANALISIS MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SD GMIT KUANINO 1 KOTA KUPANG

Penulis

  • Sesilia Kein Universitas Citra Bangsa
  • Corenelia Naitili Universitas Citra Bangsa

Kata Kunci:

Motivasi Belajar Intrinsik, Pembelajaran IPAS

Abstrak

Sesilia Hingi Kein. 2024.” Analisis Motivasi Belajar Intinsik Siswa Dalam Pembelajaran IPAS di Kelas V SD GMIT Kuanini 1 Kota Kupang”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Citra Bangsa, Pembimbing 1. Femberianus S. Tanggur, S.Pd.,M.Pd ; Pembimbing 2. Cornelia .A. Naitili, S.Pd., M.Pd. Motivasi belajar intrinsik merupakan motivasi belajar yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri atau dorongan maupun penggerak dari dalam diri siswa dalam kecepatan merespon kegiatan belajar untuk melakukan sesuatu misalnya pemahaman materi dalam proses belajar untuk mencapai tujuan akhir yang efektif. Dalam memberikan motivasi belajar intrinsik siswa dalam pembelajaran IPAS maka guru perlu adanya penerapan metode-metode baru dalam mengajar sehingga siswa tidak mudah bosan dalam belajar. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dengan guru kelas V, Kepala Sekolah dan Siswa kelas V SD GMIT Kuanino 1 Kota Kupang yang menghasilkan data tentang motivasi belajar intrinsik siswa dalam pembelajaran IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi belajar tersendiri dan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini menujukan bahwa adanya upaya dan dorongan dari guru dalam membangkitkan motivasi belajar dalam diri siswa. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar yaitu, guru memberikan metode mengajar yang bervariyasi, memaksimalkan fasilitas sarana, media pembelajaran, memaksimalkan kepribadian dalam pribadi guru, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangan.

Sesilia Hingi Kein. 2024. “ Analysis of Students Intrinsic Learning Motivation in Science Learning in Grade V of GMIT Kuanino 1 Elementary School, Kupang City”. Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Citra Bangsa University, Supervisor 1. Femberianus S. Tanggur, S.Pd.,M.Pd ; Supervisor 2. Cornelia .A. Naitili, S.Pd., M.Pd. Intrinsic learning motivation is learning motivation that comes from within the student themselves or the drive or driving force from within the student in the speed of responding to learning activities to do something, for example understanding the material in the learning process to achieve effective final goals. In providing intrinsic learning motivation for students in science learning, teachers need to apply new methods in teaching so that students do not get bored easily in learning. This research method is a type of qualitative research using descriptive methods. Data collection techniques are carried out by observation, interviews and documentation. The type of research used by the researcher is qualitative research using a descriptive approach. The data collection techniques used by the researcher are interviews, observations and documentation with grade V teachers. The Principal and Grade V Students of GMIT Kuanino 1 Elementary School, Kupang City which produces data on students’ intrinsic learning motivation in science learning. The results of the study showed that students have their own learning motivation and play an active role in the learning process. This shows that there is effort and encouragement from teachers in raising learning motivation in students. The efforts made by teachers in the teaching and learning process, teachers provide varied teaching methods, maximize facilities, learning media, maximize the personality of the teacher, and create a pleasant learning atmosphere.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30