PERAN PERMAINAN EDUKATIF (DADU CERIA) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK TAZKIA KLAPANUNGGAL BOGOR
Kata Kunci:
Permainan Edukatif, Dadu Ceria, Keterampilan Kognitif, Anak Usia Dini, Pembelajaran MenyenangkanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran permainan edukatif "Dadu Ceria" dalam meningkatkan keterampilan kognitif anak usia dini di TK Tazkia Klapanunggal Bogor. Masa usia dini merupakan fase krusial dalam perkembangan kognitif, sehingga stimulasi melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dan bermakna sangat penting. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan "Dadu Ceria" secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, seperti pengenalan angka, pengelompokan bentuk dan warna, daya ingat, serta kemampuan memecahkan masalah sederhana. Permainan ini juga mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, interaktif, dan menyenangkan. Temuan ini diperkuat oleh teori perkembangan kognitif Piaget dan Vygotsky yang menekankan pentingnya pengalaman konkret dan interaksi sosial dalam pembelajaran anak usia dini. Oleh karena itu, media permainan edukatif seperti "Dadu Ceria" dapat dijadikan strategi pembelajaran inovatif yang mendukung perkembangan kognitif anak secara optimal.
This study aims to explore the role of the educational game "Dadu Ceria" in enhancing the cognitive skills of early childhood students at TK Tazkia Klapanunggal Bogor. Early childhood is a critical phase for cognitive development, making stimulation through meaningful and enjoyable play activities essential. The research employed a descriptive qualitative method, with data collected through interviews and observations. The findings indicate that the use of the "Dadu Ceria" game significantly improves children's cognitive abilities, such as number recognition, categorization of shapes and colors, memory retention, and basic problem-solving skills. The game also fosters an active, interactive, and enjoyable learning environment. These results are supported by Piaget’s and Vygotsky’s cognitive development theories, which emphasize the importance of concrete experiences and social interaction in early learning. Therefore, educational games like "Dadu Ceria" can serve as innovative learning strategies that effectively support the cognitive development of young children.