INTEGRASI RELIGIOUS CULTURE DAN LEADERSHIP GURU PAI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

Penulis

  • Achmad Junaedi Sitika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Khoirunnisa Azumah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dewi Zahra Camelia Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

Kata Kunci:

Budaya Religius, Kepemimpinan Guru PAI, Pendidikan Karakter, Nilai-Nilai Moral, Sekolah

Abstrak

Penanaman pendidikan karakter di sekolah tidak dapat dipisahkan dari peran budaya religius yang hidup di lingkungan sekolah serta kepemimpinan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai panutan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana integrasi budaya religius dan kepemimpinan guru PAI berkontribusi dalam membentuk karakter peserta didik. Sementara itu, kepemimpinan guru PAI yang visioner, inspiratif, dan konsisten dalam perilaku keagamaan memberikan teladan konkret bagi siswa dalam menghayati nilai-nilai moral dan spiritual. Integrasi kedua aspek ini menciptakan sinergi yang efektif dalam membentuk pribadi siswa yang berkarakter unggul dan berakhlak mulia. Artikel ini merekomendasikan penguatan budaya religius secara sistematis dan peningkatan kompetensi kepemimpinan guru PAI untuk mendukung pendidikan karakter yang berkelanjutan.

The instillation of character education in schools cannot be separated from the role of religious culture that lives in the school environment and the leadership of Islamic Religious Education (PAI) teachers as role models. This article aims to examine how the integration of religious culture and PAI teacher leadership contributes to shaping the character of students. Meanwhile, the visionary, inspiring, and consistent leadership of PAI teachers in religious behavior provides a concrete example for students in internalizing moral and spiritual values. The integration of these two aspects creates an effective synergy in shaping students' personalities with superior character and noble morals. This article recommends systematic strengthening of religious culture and increasing the leadership competence of PAI teachers to support sustainable character education.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30