MODEL PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI DAERAH TERTINGGAL
Kata Kunci:
Mutu Pendidikan, Daerah Tertinggal, Model Pengembangan, Pemberdayaan Komunitas, Teknologi PendidikanAbstrak
Peningkatan mutu pendidikan di daerah tertinggal menjadi tantangan penting dalam pemerataan pendidikan nasional. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis model-model pengembangan mutu pendidikan di daerah tertinggal melalui studi literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa model berbasis pemberdayaan komunitas, penguatan kapasitas guru, integrasi teknologi pendidikan, dan kolaborasi multisektor menjadi strategi efektif dalam memperbaiki mutu pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan holistik dan kontekstual yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan lokal.
Improving the quality of education in underdeveloped regions remains a significant challenge in achieving equitable national education. This article aims to analyze models of education quality development through a literature review. The findings show that community empowerment models, teacher capacity building, educational technology integration, and multisector collaboration are effective strategies to enhance education quality. The study recommends a holistic and contextual approach involving all local stakeholders.