ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN AI (CHAT GPT) DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA SDN SUMEDANGAN 2

Penulis

  • Yuniar Aprilia Rosdiyanto IAIN Madura
  • Rika Lailatul Hasanah IAIN Madura
  • Abdul Gafur IAIN Madura

Kata Kunci:

Artificial Intelligence, Keterlibatan Siswa, Pembelajaran Digital, Sekolah Dasar, Chatgpt

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan Artificial Intelligence (AI) (ChatGPT) dalam meningkatkan keterlibatan siswa di SDN Sumedangan 2. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI, khususnya ChatGPT, memberikan kontribusi positif dalam membantu guru menyusun materi, menciptakan ice breaking menarik, dan menyediakan referensi yang bervariasi. Penggunaan AI mampu meningkatkan antusiasme siswa terhadap proses belajar, meskipun tidak sepenuhnya menggantikan kreativitas guru. Terdapat beberapa hambatan, seperti keluaran AI yang terkadang tidak relevan dan kurang variatif. Fasilitas pendukung seperti proyektor dan bantuan perangkat Chromebook turut mendukung optimalisasi pemanfaatan AI di kelas. Penelitian ini merekomendasikan adanya aplikasi AI khusus pendidikan dasar dan pelatihan guru untuk meningkatkan efektivitas penggunaannya di sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-29