STUDI LITERASI: PENDEKATAN, STRATEGI, MODEL, TEKNIK, DAN TAKTIK PEMBELAJARAN: ANALISIS LITERATUR TERHADAP PERAN DAN RELASINYA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Penulis

  • Puji Lidiyawati Sultan Aji Muhammad Idris State Islamic University
  • Asna Sultan Aji Muhammad Idris State Islamic University
  • Suratman Sultan Aji Muhammad Idris State Islamic University

Kata Kunci:

Studi Literatur, Proses Pembelajaran, Metode dan Variasi Pengajaran, PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan)

Abstrak

Penelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk mengkaji pentingnya variasi dan metode dalam proses pembelajaran guna mencapai efektivitas pembelajaran. Pembelajaran dipahami sebagai proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar yang diarahkan untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Studi ini menyoroti bahwa keberhasilan pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh materi ajar, tetapi juga oleh strategi penyampaian yang digunakan oleh pendidik. Metode dan variasi dalam mengajar memiliki peran krusial dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan yang dianalisis adalah model pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), yang dianggap mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan tanpa mengurangi pencapaian tujuan pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan, strategi, model, teknik, dan taktik pembelajaran yang tepat sangat diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran yang holistik dan berkelanjutan. Dengan demikian, pemahaman mendalam terhadap komponen-komponen pembelajaran menjadi kunci dalam merancang proses pembelajaran yang efektif dan bermakna. Dalam penulisan artikel ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan metode Studi Literatur pengumpulan dan analisis data dari literatur yang relevan, seperti buku, artikel jurnal, dan sumber-sumber terpercaya lainnya.

This study is a literature study that aims to examine the importance of variations and methods in the learning process in order to achieve learning effectiveness. Learning is understood as a process of interaction between students and educators and learning resources that are directed to achieve competencies that have been set in the curriculum. This study highlights that the success of learning is not only determined by the material that is open, but also by the delivery strategy used by educators. Methods and variations in teaching have a crucial role in improving the quality of learning and influencing student learning outcomes. One of the approaches described is the PAIKEM learning model (Active, Innovative, Creative, Effective, and Enjoyable Learning), which is considered capable of creating a conducive and enjoyable learning atmosphere without reducing the achievement of educational goals. The results of the study indicate that the application of appropriate learning approaches, strategies, models, techniques, and tactics is essential to support a holistic and sustainable learning process. Thus, a deep understanding of the components of learning is key to designing an effective and meaningful learning process. In writing this article using Qualitative research with the Literature Study method of collecting and analyzing data from relevant literature, such as books, journal articles, and other reliable sources.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-29