ANALISIS PEMANFAATAN AI (QUIZZIZ) UNTUK MENCIPTAKAN INOVASI PEMBELAJARAN YANG LEBIH MENARIK DI MI/SD
Kata Kunci:
Quizziz, AI, Pembelajaran Interaktif, Inovasi Pembelajaran, Madrasah IbtidaiyahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Quizziz, sebuah platform pembelajaran berbasis kecerdasan buatan (AI), dalam menciptakan inovasi pembelajaran yang lebih menarik di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI). Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung terhadap proses pembelajaran di kelas. Subjek penelitian adalah seorang guru kelas dan 14 siswa di salah satu MI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quizziz mampu meningkatkan antusiasme, keaktifan, dan semangat belajar siswa melalui fitur-fitur interaktif seperti permainan, musik, dan sistem skor. Meskipun demikian, tantangan tetap ditemukan, seperti soal yang belum sesuai dengan materi yang diajarkan dan keterbatasan literasi digital. Namun, dengan dukungan dari pihak sekolah, tantangan ini dapat diatasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Quizziz merupakan media pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam lingkungan pembelajaran dasar.