MODERASI BERAGAMA DALAM MENINGKATKAN TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA DISEKOLAH MENENGAH ATAS

Penulis

  • Ali Iskandar Zulkarnain Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Maisarah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Fauzan Reza Fahlevi Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Serli Ariska Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

Kata Kunci:

Moderasi Beragama, Toleransi, Pendidikan, SMA

Abstrak

Moderasi beragama merupakan suatu konsep dalam memahami dan mempraktikkan agama dengan cara yang seimbang, tidak dilebih -lebihkan ke arah ekstrem kanan ataupun kiri. Landasan moderasi beragama adalah menghormati perbedaan, mempertahankan toleransi, tetapi tetap berpegang teguh pada keyakinan masing-masing. Jika nilai-nilai ini diterapkan, maka kerukunan antar umat beragama akan semakin kuat, serta dapat mencegah paham radikal yang bisa mengganggu keharmonisan masyarakat. Moderasi beragama memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis, terutama ditingkat SMA (Sekolah Menengah Atas), di mana siswa berasal dari berbagai latar belakang agama. Konsep ini menekankan keseimbangan dalam beragama, menghindari paham ekstrem, serta menanamkan sikap toleransi dan saling menghormati. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana moderasi beragama dapat meningkatkan toleransi antarumat beragama di SMA. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menelaah berbagai referensi terkait moderasi beragama dan implementasinya dalam dunia pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan moderasi beragama dapat menumbuhkan sikap saling menghargai, mencegah konflik yang berakar pada perbedaan keyakinan, serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan kondusif. Oleh karena itu, upaya penguatan moderasi beragama perlu didukung melalui pendidikan karakter, penyusunan kurikulum yang relevan, serta peran aktif guru dalam membimbing siswa agar memiliki sikap yang lebih terbuka dan toleran terhadap keberagaman.

Religious Moderation is a concept of understanding and practicing religion in a balanced way, without exaggeration towards the far right or far left. The foundation of religion moderation is to respect differences, uphold tolerance, while still holding firmly to one’s own beliefs. If these values are applied, interreligious harmony will be strengthened and radical ideologies that can disrupt social harmony can be prevented. Religious moderation plays an important role in creating a harmonious school environment, especially at senior high school level, where students come from diverse religious backgrounds. This concept emphasizes balance in religious practice, avoidance of extreme views, and the cultivation of tolerance and mutual respect. This article aims to examine how religious moderation can enchance interreligious tolerance in senior high school. The method used is a literature review by analyzing various references related to religious moderation and its implementation in the field of education. The results of the study show that the application of religious moderation can foster mutual respect, prevent conflics rooted in differences of belief, and create an inclusive and conducive learning environment. Therefore, efforts to strengthen religoud moderation need to be supported trough caracter education, the development of relevant curricula, and the active role of teachers in guiding students to be more open-minded and tolerant towards diversity.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-29