IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN PERSPEKTIF GURU DAN SISWA
Kata Kunci:
Literasi Digital, Implementasi Literasi Digital, Perspektif Guru Dan SiswaAbstrak
Literasi digital tidak hanya mencakup pengoperasian perangkat digital, tetapi juga kemampuan untuk menemukan, menilai, menerapkan, dan menyebarluaskan informasi secara bertanggung jawab. Pergeseran dalam pendidikan menuntut pemahaman yang kuat tentang literasi digital di antara para pendidik dan peserta didik, yang memungkinkan mereka untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, inovatif, dan memecahkan masalah. Para pendidik memainkan peran penting dalam memajukan literasi digital siswa mereka, yang mengharuskan mereka memiliki keterampilan digital yang memadai. Kerangka kerja pendidikan harus mengintegrasikan literasi digital melalui berbagai metodologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana pengetahuan digital dimasukkan ke dalam program pendidikan, dengan mempertimbangkan perspektif guru dan siswa. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan fokus pada analisis dokumen untuk tujuan evaluasi. Penerapan literasi digital memfasilitasi proses pendidikan bagi siswa dan guru, meningkatkan efektivitas dan memelihara kemampuan pribadi. Meskipun materi pembelajaran digital menawarkan keuntungan yang signifikan, buku teks tradisional masih memegang peranan penting. Mengembangkan literasi digital merupakan keterampilan penting yang harus dikembangkan sekolah untuk membekali siswa menghadapi tantangan era digital.
Digital literacy encompasses not just the operation of digital devices, but also the capability to discover, assess, apply, and disseminate information responsibly. The shift in education demands a strong grasp of digital literacy among both educators and learners, enabling them to enhance their critical, innovative thinking, and problem-solving abilities. Educators play a vital role in advancing the digital literacy of their students, necessitating that they possess sufficient digital skills. The educational framework should integrate digital literacy through diverse methodologies. This research intends to evaluate how digital knowledge is incorporated into educational programs, considering both teachers' and students' perspectives. A qualitative approach is employed in this study, focusing on document analysis for evaluation purposes. The application of digital literacy facilitates the educational process for both students and teachers, boosting effectiveness and nurturing personal capabilities. While digital learning materials offer significant advantages, traditional textbooks still hold their importance. Developing digital literacy is a crucial skill that schools must cultivate to equip students for the challenges of the digital age.