PANDANGAN FILSAFAT TENTANG PERUNDUNGAN (BULLYING) DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Kata Kunci:
Bullying, Pandangan FilsafatAbstrak
ABSTRAK
Bullying di sekolah terjadi dalam bentuk kekerasan fisik, verbal dan psikologis, kekerasan yang menyakiti seseorang secara fisik seperti memukul, menampar, menjitak, meminta paksa barang sehingga menimbulkan kecacatan penderitaa bahkan sampai kematian. Dampak dari bullying sangat merugikan penderitaaan misalnya anak mengalami trauma besar dan depresi yang akhirnya bisa menimbulkan gangguan mental di masa yang akan datang, dan anak tidak mau pergi ke sekolah, hilang konsentrasi sehingga prestasinya menurun drastic. Oleh karena itu, perilaku bullying juga termasuk sebagai stimulus sesama peserta didik mengakibatkan respon terhadap perubahan tingkah laku ke arah negatif, dapat dicirikan secara langsung seperti penurunan aspek akademis dan aspek psikologis. Tujuan dari penelitian ini untuk untuk menganalisis perubahan tingkah laku sebagai respon yang dimbulkan terhadap stimulus perilaku bullying di lingkungan sekolah. Metode penelitian dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan fenomena perilaku bullying di lingkungan sekolah.
ABSTRACT
Bullying at school occurs in the form of physical, verbal and psychological violence, violence that hurts someone physically such as hitting, slapping, licking, forcibly asking for goods so as to cause disability sufferers even to death. The impact of bullying is very detrimental to sufferers, for example, children experience major trauma and depression which can eventually cause mental disorders in the future, and children do not want to go to school, lose concentration so that their achievements decrease drastically. Therefore, bullying behavior is also included as a stimulus among students resulting in a response to changes in behavior in a negative direction, can be characterized directly such as a decrease in academic aspects and psychological aspects. The purpose of this study was to analyze behavior change as a response caused to the stimulus of bullying behavior in the school environment. The research method in this study is to use qualitative research to describe the phenomenon of bullying behavior in the school environment.