PENGARUH VIDIO PEMBELAJARAN TERHADAP KURANGNYA KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 2 LUGOSOBO

Penulis

  • Aulia Bintang Mutiarafitri Universitas Negeri Semarang
  • Sely Vivi Aulia Universitas Negeri Semarang
  • Kurotul Aeni Universitas Negeri Semarang
  • Wulan Aulia Azizah Universitas Negeri Semarang

Kata Kunci:

: Poblem Based Learning (PBL), Media Powerpoint, Video Pembelajaran

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran PBL dengan bantuan media power point dan vidio pembelajaran pada materi Memahami contoh Perilaku menghargai keberagaman dan juga sikap dan perilaku menjaga dan merusak kebhinekaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Tantangan dalam pembelajaran konsep pengukuran dan satuan di SD N 2 Lugosobo yaitu siswa bersikap pasif dalam pembelajaran maka dari itu memerlukan pendekatan yang lebih interaktif bagi siswa agar lebih tertarik dalam proses pembelajaran. Solusi dari permasalahan yaitu dengan pendekatan PBL dipilih sebagai model pembelajaran utama, didukung dengan penggunaan media Powerpoint dan vidio pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL dengan media PowerPoint dan video pembelajaran dapat meningkatkan ketertarikan dan pemahaman siswa terkait materi pengukuran satuan panjang, Peserta didik terlihat aktif dan antusias bekerja sama dalam kelompok, mengerjakan LKPD, mengkoreksi LKPD, dan evaluasi bersama dengan hasil peserta didik sudah memahami materi yang diajarkan. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan Vidio Pembelajaran dapat diterapkan pada kegiatan Pembelajaran PKn di SD Negeri 2 Lugosobo dengan baik.

ABSTRACT

This research aims to describe the implementation of the PBL learning model with the help of powerpoint media and learning videos on the material Understanding examples of behavior that respects diversity and also attitudes and behavior that maintains and destroys diversity.  The research method used is a qualitative descriptive approach using the Case Study method.  The challenge in learning the concept of measurement and units at SD N 2 Lugosobo is that students are passive in learning and therefore require a more interactive approach for students to be more interested in the learning process.  The solution is that the PBL approach was chosen as the main learning model, supported by the use of Powerpoint media and learning videos to increase student involvement.  The results of the research show that the implementation of PBL with PowerPoint media and learning videos can increase students' interest and understanding regarding length unit measurement material. Students look active and enthusiastic about working together in groups, working on LKPD, correcting LKPD, and joint evaluations with the results of students already understanding material taught.  In this way, it can be concluded that the use of the Problem Based Learning (PBL) learning model with the help of Learning Videos can be applied to Civics Learning activities at SD Negeri 2 Lugosobo well.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31