Efektifitas Peran Guru Dalam Membantu Proses Eksplorasi Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Surabaya

Penulis

  • Yuliana Sari Universitas Terbuka Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi Universitas Terbuka Surabaya

Kata Kunci:

Guru, Eksplorasi Anak, Paud, Teknologi

Abstrak

Pendidikan anak usia dini memainkan peran krusial dalam membantuk dasar perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas peran guru dalam membantu proses eksplorasi anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Surabaya.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan observasi. Persaingan di dunia pendidikan biasanya terjadi karena melihat profesionalisme dari tenaga pendidik dan mutu sekolah yang baik. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih guru diharuskan bisa menggunakan teknologi tersebut tanpa batasan umur. Adapun faktor – faktor yang mempengaruhi efektifitas guru adalah : pendidikan dan keterampilan guru,pembelajaran berpusat pada anak,sarana dan prasarana di sekolah harus mendukung serta kerjasama antara guru dan orang tua. Walaupun teknologi sekarang berkembang pesat, guru harus bisa mengikuti perkembangan zaman untuk menjadikan media pembelajaran yang lebih baik lagi. Serta perlu adanya pelatihan atau diklat untuk efektivitas peran guru dalam proses eksplorasi anak usia dini.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30