FAKTOR-FAKTOR PENENTU ANTUSIASME DAN KETERLIBATAN MAHASISWA DALAM PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Penulis

  • Muhammad Reyhan Adiwibowo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bagus Tri Permadhi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mochamad Ilham Firmansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wahid Munawar Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

Faktor-faktor, Minat Mahasiswa, Program Kreativitas Mahasiswa

Abstrak

Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan keterlibatan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Universitas Pendidikan Indonesia dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian dilakukan pada November 2024 dengan metode pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada mahasiswa PTM UPI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83,9% mahasiswa mengetahui tentang PKM dan 71% mahasiswa memiliki ketertarikan untuk berpartisipasi. Namun, terdapat kesenjangan antara minat dan partisipasi aktual, dimana 67,7% mahasiswa belum pernah mengikuti PKM. Faktor utama yang menjadi tantangan adalah keterbatasan keterampilan atau pengalaman (64,5%), kurangnya pemahaman tentang PKM (25,8%), serta kendala minat dan finansial. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya upaya peningkatan dukungan dan pembinaan untuk mendorong partisipasi mahasiswa dalam PKM, termasuk pelatihan keterampilan, sosialisasi intensif, dan dukungan sumber daya, guna mengoptimalkan pengembangan kreativitas dan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi tantangan industri.

This research examines the factors that influence the interest and involvement of students from the Mechanical Engineering Education Study Program (PTM) at the Indonesian Education University in the Student Creativity Program (PKM). Using a descriptive quantitative approach, the research was conducted in November 2024 using data collection methods through questionnaires distributed to PTM UPI students. The research results showed that 83.9% of students knew about PKM and 71% of students were interested in participating. However, there is a gap between interest and actual participation, where 67.7% of students have never taken part in PKM. The main factors that become challenges are limited skills or experience (64.5%), lack of understanding about PKM (25.8%), as well as interest and financial constraints. This research underlines the importance of efforts to increase support and coaching to encourage student participation in PKM, including skills training, intensive socialization, and resource support, in order to optimize the development of student creativity and competence in facing industrial challenges.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30