EFEKTIVITAS PENERAPAN SOLFEGIO PADA KEMAMPUAN BERNANYI SISWA DI SMA NEGERI 1 SUKAWATI, GIANYAR
Kata Kunci:
Kemampuan Menyanyi, Solfegio, Siswa Kelas XAbstrak
Pendidikan seni di sekolah merupakan proses belajar mengajar yang memungkinkan siswa tidak hanya memaknai pengalamannya, tetapi juga mengembangkan kreativitasnya. Hal ini disebabkan pendidikan sekolah lebih menekankan pada kegiatan belajar dengan menghasilkan prestasi. Tujuan penelitian ini, untuk memperkenalkan pembelajaran vokal dengan menerapakan solfegio pada kemampuan bernyanyi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukawati, Gianyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif yang mencakup 3 tahapan yaitu : (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap evaluasi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sukawati, Gianyar dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 36 siswa pada kelas XE.10 dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari : a) observasi, b) wawancara, c) analisis penilaian, d) dokumentasi, dan e) studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mampu menerapkan metode Solfegio dalam pembelajaran vokal untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi siwa dengan metode tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan musik, khususnya terkait dengan metode solfegio sebagai acuan bagi guru vokal SMA Negeri 1 Sukawati, Gianyar dan sekolah lain dalam menerapkan metode solfegio untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa.
Arts education in schools is a teaching and learning process that allows students not only to make sense of their experiences, but also to develop their creativity. This is because school education places more emphasis on learning activities that produce achievements. The aim of this research is to introduce vocal learning by applying solfegio to the singing abilities of class X students at SMA Negeri 1 Sukawati, Gianyar. This research uses a quantitative approach supported by qualitative data which includes 3 stages, namely: (1) planning stage, (2) implementation stage, and (3) evaluation stage. The location of this research was carried out at SMA Negeri 1 Sukawati, Gianyar with the number of samples used being 36 students in class XE.10 with a purposive sampling technique. The data collection techniques used in this research consisted of: a) observation, b) interviews, c) assessment analysis, d) documentation, and e) literature study. The results of this research show that students are able to apply the Solfegio method in vocal learning to improve students' singing abilities using this method. It is hoped that this research can enrich the body of knowledge in the field of music education, especially related to the solfegio method as a reference for vocal teachers at SMA Negeri 1 Sukawati, Gianyar and other schools in applying the solfegio method to improve students' singing abilities.