PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS 12 DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MATERI STATISTIKA
Kata Kunci:
Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal HOTS, StatistikaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan siswa kelas 12 dalam menyelesaikan soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) terkait materi statistika. Kemampuan menyelesaikan soal HOTS menjadi aspek penting di era informasi saat ini, karena mendorong siswa untuk berpikir secara kritis, analitis, dan kreatif. PBL adalah pendekatan pembelajaran berbasis masalah nyata yang tidak hanya menekankan pada pencapaian hasil akhir, tetapi juga pada pengembangan keterampilan pemecahan masalah melalui kolaborasi dan penerapan pengetahuan secara praktis. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest dalam kelompok kontrol. Subjek penelitian terdiri atas murid kelas 12 yang dibagi menjadi dua kelompok: satu kelompok menerima perlakuan dan yang lainnya tidak. Kelompok yang mendapatkan perlakuan adalah mereka yang diajarkan dengan pendekatan PBL, sementara kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan menggunakan metode pembelajaran tradisional. Data diperoleh dari tes kemampuan HOTS kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBL secara signifikan memperbaiki kemampuan pemecahan masalah siswa daripada metode konvensional. Pendekatan ini juga dapat memberi peningkatan pada motivasi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Temuan ini memberikan kontribusi penting untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih kreatif, terutama pada materi statistika di tingkat pendidikan menengah
The purpose of this study is to evaluate the impact of the Problem-Based Learning (PBL) approach on the ability of 12th-grade students to tackle HOTS (Higher Order Thinking Skills) problems in statistics. Mastery in solving HOTS problems is vital in today’s information age, as it promotes critical, analytical, and creative thinking among students. PBL focuses on real-world issues, highlighting the importance of not just achieving outcomes but also cultivating problem-solving skills through teamwork and practical knowledge application. This research utilized a quasi-experimental design featuring a pretest-posttest control group. Participants included 12th-grade students who were split into two groups: an experimental group that received instruction through the PBL approach and a control group that followed traditional teaching methods. Data were gathered from HOTS ability assessments and analyzed with a t-test. Findings indicated that the PBL approach significantly enhanced students' problem-solving skills compared to conventional teaching. Additionally, this method positively influenced students' motivation and engagement in the learning process. These results contribute meaningfully to the advancement of innovative learning strategies, especially in the field of statistics at the secondary education level.