IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR
Kata Kunci:
Implementasi Program Sekolah Penggerak, Lima Intervensi Sekolah Penggerak, Inovasi PendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di SMAN 9 Makassar dan bagaimana program tersebut membantu SMAN 9 Makassar mencapai tujuannya, seperti meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan karakter siswa, dan meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan utama di SMAN 9 Makassar, termasuk kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa SMAN 9 Makassar telah berhasil melaksanakan lima intervensi Program Sekolah Penggerak, Pendampingan Konsultatif dan Asimetris; Penguatan Sumber Daya Manusia Sekolah; Pembelajaran Berbasis Kompetensi Holistik; Perencanaan Berbasis Data; dan Digitalisasi Sekolah. Intervensi-intervensi ini berperan signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan karakter siswa, dan meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini juga membahas komitmen sekolah terhadap Program Sekolah Penggerak serta rencana ke depan untuk peningkatan lebih lanjut.
This research aimed to evaluate the effectiveness of the Sekolah Penggerak Program implementation at SMAN 9 Makassar and how it has helped SMAN 9 Makassar achieve its goals, such as improving the quality of learning, developing student character, and enhancing teacher performance. This research employed a qualitative descriptive approach, utilizing in-depth interviews with key stakeholders at SMAN 9 Makassar, including the principal, vice principal, and teachers. The research findings revealed that SMAN 9 Makassar had successfully implemented the five interventions of the School Leadership Program: (1) Consultative and Asymmetrical Guidance, (2) School Human Resource Strengthening, (3) Holistic Competence Learning, (4) Data-Based Planning, and (5) School Digitization. These interventions have played a significant role in improving learning quality, developing student character, and enhancing teacher performance. The research also discussed the school's commitment to the Sekolah Penggerak Program and its future plans for further improvement.