DINAMIKA REKRUTMEN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN: KEBIJAKAN, SUMBER, METODE, DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
Kata Kunci:
Kebijakan, Sumber, Metode, Faktor, Rekrutmen Tenaga Pendidik, KependidikanAbstrak
Tulisan ini membahas tentang rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan dalam institusi pendidikan merupakan proses strategis yang dipengaruhi oleh kebijakan, sumber, metode, dan berbagai faktor eksternal maupun internal. Dan metode penulisan ini dengan deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data-data dan bukti terkait sumber yang valid. Kebijakan rekrutmen umumnya dipengaruhi oleh regulasi pemerintah yang menentukan standar nasional dan persyaratan dalam pengadaan tenaga pendidik, seperti program ASN PPPK di Indonesia. Sumber rekrutmen dapat berasal dari internal, seperti pegawai yang dipromosikan, atau eksternal melalui perekrutan terbuka dan program pemerintah. Metode rekrutmen melibatkan prosedur seleksi dokumen, wawancara, hingga uji kompetensi, yang bertujuan untuk memastikan calon tenaga pendidik memiliki kualifikasi sesuai dengan kebutuhan lembaga. Faktor-faktor lain, seperti kondisi demografis, kualifikasi akademik, kompetensi, dan kondisi keuangan juga turut berperan dalam menentukan kebijakan dan praktik rekrutmen. Dengan mempertimbangkan semua elemen ini, institusi dapat mengoptimalkan proses rekrutmen untuk mencapai kualitas dan kuantitas tenaga pendidik yang diinginkan guna mendukung pencapaian visi dan misi pendidikan.