ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MATERI SISTEM RESPIRASI PADA SISWA KELAS XI
Kata Kunci:
Miskonsepsi, Sistem Respirasi, Pembelajaran BiologiAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas XI mengenai materi sistem respirasi manusia melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Miskonsepsi dalam pembelajaran biologi, khususnya pada topik sistem respirasi, dapat menghambat pemahaman konsep yang lebih mendalam dan berdampak pada prestasi akademik siswa. Data- data yang didapat dikumpulkan dari berbagai sumber literatur, termasuk artikel ilmiah, buku teks, dan penelitian sebelumnya yang membahas tentang kesalahan pemahaman siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa miskonsepsi umum seperti struktur, fungsi, proses, dan kelainan yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia, dimana konsep- konsep yang saling berkaitan. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif, seperti penggunaan media visual, strategi pembelajaran yang berbasis penemuan, hingga deteksi dini mengenai miskonsepsi. Dengan demikian, diharapkan siswa mampu memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai sistem respirasi dan meningkatkan hasil belajar mereka di bidang biologi.
This research aims to analyze the misconceptions experienced by class XI students regarding the human respiratory system material through a qualitative approach using literature study methods. Misconceptions in biology learning, especially on the topic of the respiratory system, can hinder a deeper understanding of concepts and have an impact on student academic achievement. The data obtained was collected from various literature sources, including scientific articles, textbooks, and previous research that discussed student understanding errors. The results of the analysis show that there are several common misconceptions such as structure, function, processes and abnormalities that can occur in the human respiratory system, where the concepts are interrelated. This research provides a more effective learning approach, such as the use of visual media, discovery- based learning strategies, and early detection of misconceptions. In this way, it is hoped that students will be able to gain a better understanding of the respiratory system and improve their learning outcomes in the field of biology.