MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL)

Penulis

  • Septina Simanihuruk Universitas Islam Sumatera Utara
  • Ratna Soraya Universitas Islam Sumatera Utara

Kata Kunci:

Motivasi, TaRL, Peserta Didik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan TaRL dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian mencakup Modul Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan, Asesmen, dan angket motivasi belajar. Jumlah sampel terdiri dari 31 peserta didik yang dipilih dari satu kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket motivasi belajar pada setiap siklus. Angket motivasi ini terdiri dari 20 pertanyaan yang mencakup pernyataan positif dan negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran TaRL dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30