PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJEC BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII A DI SMP KEMALA BHAYANGKARI MAKASSAR

Penulis

  • Ruliana Novita Sapan Universitas Negeri Makassar
  • Ramly Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Azis Universitas Negeri Makassar

Kata Kunci:

: Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning, Berbasis Proyek, Keterampilan Menulis, Teks Ulasan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks ulasan sebelum menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas VIII A di SMP Kemala Bhayangkari Makassar, 2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks ulasan dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas VIII A di SMP Kemala Bhayangkari Makassar, dan 3) Mendeskripsikan hasil belajarĀ  keterampilan menulis teks ulasan dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas VIII A di SMP Kemala Bhayangkari Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahapan pelaksanaan, diantaranya perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A di SMP Kemala Bhayangkari Makassar yang terdiri dari 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning mampu meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan karya siswa kelas VIII-A di SMP Kemala Bhayangkari Makassar. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan pada nilai rata-rata menulis teks ulasan karya siswa yang meningkat mulai dari tahap pra-tindakan hingga sampai pada pelaksanaan tindakan di siklus II. Hasil tes menulis siswa pada pra-tindakan menunjukkan hasil sebesar 51,29% dengan kategori kurang, hasil nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil tes menulis siswa pada siklus I menunjukkan hasil sebesar, 77,79% dengan kategori baik dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II hasil menulis siswa menunjukkan nilai 85,13% dengan kategori sangat baik. Nilai siswa mengalami peningkatan sebesar 33,84% dari awal pra-tindakan sampai pada pelaksanaan tindakan siklus II sehingga ketuntasan yang diperoleh untuk satu kelas mencapai 90,90%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30