IMPLEMENTASI PENGENALAN KOSOKATA BAHASA ARAB UNTUK ANAK USIA DINI
Kata Kunci:
Pengenalan, B Arab, Anak Usia DiniAbstrak
Bahasa Arab memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan Islam. Di zaman sekarang, kemampuan menguasai bahasa asing menjadi keterampilan utama yang mendukung kehidupan seseorang. Pengenalan bahasa Arab sejak dini dapat memberikan manfaat positif bagi anak-anak, terutama dalam mempersiapkan mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini mengaplikasikan metode kualitatif untuk menganalisis penerapan pembelajaran bahasa Arab pada anak-anak, dengan subjek penelitian berupa pendidik dan siswa. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan observasi langsung, wawancara dengan pendidik, serta dokumentasi foto. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan pengenalan bahasa Arab sangat dipengaruhi oleh tiga elemen utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Proses perencanaan mencakup pemilihan kosakata dan metode yang sesuai, yang kemudian diterapkan dalam proses pembelajaran, dan diakhiri dengan evaluasi untuk menilai sejauh mana pelaksanaan pembelajaran tersebut efektif.
Arabic has a very important role in Islamic education. Nowadays, the ability to master a foreign language has become the main skill that supports a person's life. Introduction to Arabic from an early age can provide positive benefits for children, especially in preparing them to continue their education to a higher level. This research applies qualitative methods to analyze the application of Arabic language learning to children, with the research subjects being educators and class. To obtain data, this research used direct observation, interviews with educators, and photo documentation. The collected data was then analyzed using the Miles and Huberman model. The findings from this research show that the success of introducing Arabic is greatly influenced by three main elements: planning, implementation, and evaluation. The planning process includes selecting appropriate vocabulary and methods, which are then applied in the learning process, and ends with an evaluation to assess the extent to which the learning implementation is effective.