PENERAPAN BAHAN AJAR LKPD DAN POWERPOINT INTERAKTIF MATA PELAJARAN PPKN BAB MENGENAL NORMA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 6B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 SONGGON-BANYUWANGI
Kata Kunci:
Penerapan, LKPD, Powerpoint Interaktif, Minat Belajar, Peserta DidikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan bahan ajar LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan PowerPoint interaktif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas 6B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Songgon-Banyuwangi. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan juga penelitian kualitatif dengan dua siklus. Setiap siklus melibatkan penerapan LKPD dan PowerPoint interaktif sebagai bahan ajar yang dirancang untuk menarik perhatian dan memotivasi peserta didik agar mereka lebih semangat dalam belajar dan mendorong ketertarikan peserta didik kelas 6B. Data dikumpulkan melalui Wawancara dengan guru mata pelajaran PPKN kelas 6, observasi masuk kelas 6B dengan melakukan penelitian tindakan kelas, dan dokumentasi untuk mengukur minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan metode ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam minat belajar peserta didik, yang tercermin dari tingginya partisipasi dan antusiasme mereka dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan LKPD dan PowerPoint interaktif terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik. Peserta didik kelas 6B Min 2 Songgon-Banyuwangi sangat tertarik dengan LKPD yang saya sebagai peneliti berikan kepada mereka. Mereka mau mengerjakan LKPD tersebut dan lebih mau memahami bab Norma dari Powerpoint yang saya tampilkan melalui proyektor. Bahkan peserta didik kelas 6B semua memberikan penilaian LKPD yang saya berikan dan juga Guru Mata Pelajaran PPKN kelas 6B pun memberikan penilaian LKPD. Rata-rata penilaian dari mereka baik, bagus karena LKPD yang saya buat dari canva dan saya berusaha mendesain semenarik mungkin. Tidak lupa juga dengan powerpoint sebagai bahan ajar yang sudah saya buat dengan desain semenarik mungkin. Karena sekarang di Min 2 Banyuwangi untuk proyektor disana Cuma ada satu dan guru-guru dalam prosespe, belajaran hanya berfokus pada LKS atau Buku Paket yang ada. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar penggunaan media interaktif diterapkan secara berkelanjutan untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif di masa depan. Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswi UIN KHAS JEMBER prodi PGMI Semester 5 yaitu Akmilia Khoirun Nisaa Nim 221101040012. Karena disini prodi saya adalah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) merupakan program studi yang dirancang untuk menghasilkan guru yang profesional di tingkat madrasah ibtidaiyah, yaitu jenjang pendidikan dasar yang berbasis Islam. Program ini memiliki peran penting dalam mencetak pendidik yang berkualitas untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berakhlak mulia.
This study aims to analyze the application of LKPD (Student Worksheet) and interactive PowerPoint teaching materials in increasing the learning interest of class 6B students at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Songgon-Banyuwangi. The method used is classroom action research (CAR) and also qualitative research with two cycles. Each cycle involves the application of LKPD and interactive PowerPoint as teaching materials designed to attract attention and motivate students so that they are more enthusiastic in learning and encourage the interest of class 6B students. Data were collected through interviews with PPKN subject teachers for class 6, observations entering class 6B by conducting classroom action research, and documentation to measure students' learning interest before and after the application of this method. The results of the study showed a significant increase in students' learning interest, which was reflected in their high participation and enthusiasm in participating in learning. The application of LKPD and interactive PowerPoint has proven effective in creating a more interesting and enjoyable learning atmosphere, so that it can increase students' motivation and interest in learning. Students of class 6B Min 2 Songgon-Banyuwangi are very interested in the LKPD that I as a researcher gave them. They are willing to work on the LKPD and are more willing to understand the Norma chapter from the Powerpoint that I display via projector. Even all students of class 6B gave an assessment of the LKPD that I gave and also the PPKN Subject Teacher of class 6B also gave an assessment of the LKPD. On average, their assessments were good, great because the LKPD I made was from Canva and I tried to design it as attractively as possible. Don't forget the powerpoint as a teaching material that I have made with the most attractive design possible. Because now in Min 2 Banyuwangi for the projector there is only one and the teachers in the learning process only focus on the existing LKS or Textbooks. Based on these findings, it is recommended that the use of interactive media be implemented sustainably to support a more effective learning process in the future. This research was conducted by a student of UIN KHAS JEMBER, PGMI study program, Semester 5, namely Akmilia Khoirun Nisaa, NIM 221101040012. Because here my study program is Elementary Madrasah Teacher Education (PGMI) which is a study program designed to produce professional teachers at the elementary madrasah level, namely the level of elementary education based on Islam. This program has an important role in producing quality educators to create a generation that is intelligent and has noble character.