IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN QUIZ MENGGUNAKAN KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penulis

  • Tuti Kurnia UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Yogi Fernando UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arifan Ananda UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arifmiboy UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Quis, Kahoot, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya peningkatan prestasi hasil belajar peserta didik pada Siswa Siswa  Kelas  VI di SDN 12 Kuok III Koto Kecamatan Matur setelah memanfaatkan kahoot sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas VI SD Negeri 12 Kuok III Koto dengan jumlah populasi siswa 14 orang yang terdiri dari 7 orang siswa laki laki dan 7 orang siswa Perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar memamfaatkan aplikasi Kahoot. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil pretest yang memperoleh ketuntasan hanya sebesar 35,70 %. Kemudian pada siklus 1 hasil ketuntasan yang diperoleh adalah 78,50 %, pada siklus II nilai ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 100 % yang mana telah meemnuhi standar indicator pencapaian penelitian yaitu dengan kriterian ketuntasan minimal 70.

This study aims to determine whether or not there is an increase in the achievement of achievement of student learning outcomes in Class VI Students at SDN 12 Kuok III Koto, Matur District after utilising kahoot as a learning media. This research uses the type of Classroom Action research (PTK) which was conducted in class VI of SD Negeri 12 Kuok III Koto with a total population of 14 students consisting of 7 students. population of 14 students consisting of 7 male students and 7 female students. female students. The results showed that there was an increase in learning achievement using the Kahoot application. This  improvement can be seen from pretest results which obtained completeness only by 35.70%. Then in cycle 1 the completeness result obtained was 78.50%, in cycle II the classical completeness value obtained was 100%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30