Meta Analisis Efektivitas Penggunaan E-Modul Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika
Kata Kunci:
meta analisis, E-modul, pemahaman konsep fisikaAbstrak
Artikel ini menggunakan metode meta-analisis untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan E-modul dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika, terutama pada siswa tingkat SMA dan SMK. Analisis tersebut merangkum 17 artikel dengan menunjukkan keanekaragaman hasil effect size. Fokus analisis moderator lebih ditekankan pada motivasi siswa, khususnya dalam pemahaman konsep fisika. Dari evaluasi yang dilakukan dengan metode meta analisis tersebut, dapat disajikan keanekaragaman hasil effect size dari 17 artikel yang dianalisis, dengan penekanan pada faktor moderasi, seperti motivasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman konsep fisika, khususnya di tingkat pendidikan menengah atas. Dengan demikian, artikel yang digunakan pada metode ini mendukung bahwa pemanfaata E-modul dapat menjadi strategi yang efektif.