PENGGUNAAN MEDIA BLOG PADA MATA PELAJARAN PPKN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NURUL HUSEN

Penulis

  • Risti Oktaviani Oktaviani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Wika Hardika Legiani
  • Dinar Sugiana Fitrayadi

Kata Kunci:

Penggunaan Media Blog, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media blog pada pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMK Nurul Husen. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen one grup dengan pengambilan data menggunakan posttest dan pretest. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Nurul Husen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media blog pada pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar peserta didik. Dalam pengujian normalitas data pretest dan data posttest terdistribusi normal karena nilai signifikasi data pretest dan posttest lebih besar dari nilai taraf signifikansi yaitu sebesar 0,05. Pada pengujian homogenitas terdapat Nilai lebih besar dari alpha 0,05 yaitu 0,818 yang artinya bahwa kedua data mempunyai varians yang sama (data homogen). Pada pengujian hipotesis Ada 20 responden yang mengalami peningkatan hasil belajar dari nilai pre test ke nilai post test. Rata-Rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 10,97 Jumlah rangking positif sebesar 208,50. Berdasarkan hasil output Test Significance diketahui asympsig (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,,05 maka Hipotesis diterima. Hasil menunjukkan nilai Asymp.Sig sebesar 0,000 yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependen.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31