URGENSI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN
Kata Kunci:
Manajemen, Kurikulum, PendidikanAbstrak
Manajemen kurikulum adalah suatu proses atau sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik, dan sistematis untuk mengacu pada pencapaian tujuan kurikulum yang telah dirumuskan. Manajemen kurikulum yang baik menjadi kunci dalam menentukan keberhasilan pendidikan, karena dengan adanya manajemen yang tepat pendidikan akan lebih responsive terhadap perubahan, relevan dengan kebutuhan peserta didik serta mampu menghasilkan individu yang kompeten dan berkarakter. Karena luasnya pembahasan terkait Urgensi Manajemen Kurikulum di dalam Pendidikan, maka artikel ini akan mengulas tentang pengertian manajemen kurikulum, tujuan manajemen kurikulum, ruang lingkup manajemen kurikulum, fungsi manajemen kurikulum, sertan peroses manajemen kurikulum. Penelitian ini menggunakan kajian Pustaka yang diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap pemahaman terkait urgensi manajemen kurikulum di dalam pendidikan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan adanya manajemen kurikulum yang baik di dalam pendidikan akan mampu memberikan berbagai dampak positif terhadap kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan Pendidikan.
Curriculum management is a process or system of curriculum management that is cooperative, comprehensive, systemic, and systematic to refer to the achievement of curriculum objectives that have been formulated. Good curriculum management is key in determining the success of education, because with proper management education will be more responsive to change, relevant to the needs of students and able to produce competent and characterized individuals. Due to the breadth of discussion related to the Urgency of Curriculum Management in Education, this article will review the definition of curriculum management, curriculum management objectives, scope of curriculum management, curriculum management functions, and curriculum management processes. This research uses literature review which is expected to contribute to the understanding of the urgency of curriculum management in education. From the results of data analysis, it can be concluded that good curriculum management in education will be able to have a variety of positive impacts on the quality of learning and the achievement of educational goals.