PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN WORDWALL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 4 DI SDN 4 KAYUPUTIH MELAKA
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Wordwall, Pendidikan Pancasila, InteraktifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan pengembangan perangkat pembelajaran oleh guru untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Pemanfaatan aplikasi wordwall mampu digunakan sebagai stimulus atau pendorong dalam penumbuh kembangkan minat siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Karena media wordwall inii tidak hanya berisi kata-kata namun juga berisi gambar dan juga siswa dapat bermain sehingga dapat meningkatkan efektifitas dalam dalam mengerjakan soal-soal, dan para siswa merasa antusias karena selain belajar mereka juga bermain secara bersamaan dalam pembelajaran yang sesuai dengan media belajar, sumber belajar, serta alat penilaian bagi guru dan siswa. Dengan wordwall, pembelajaran Pancasila dapat menjadi lebih modern, relevan, dan menarik sehingga siswa tidak hanya memahami konsep tetapi juga terinspirasi untuk mengamalkan nilai-nilainya.
This research aims to improve the development of learning tools by teachers to increase learning effectiveness. This research uses descriptive methods. The results of this research are that the use of the wordwall application can be used as a stimulus or driver in developing students' interest in learning Pancasila education. Because this wordwall media does not only contain words but also contains images and students can also play so that it can increase their effectiveness in working on questions, and students feel enthusiastic because apart from learning they also play simultaneously in learning which is appropriate to the learning media. , learning resources, as well as assessment tools for teachers and students. With a wordwall, learning Pancasila can become more modern, relevant and interesting so that students not only understand the concept but are also inspired to practice its values.