ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA CALON GURU FISIKA DENGAN METODE TEORI DAN PRAKTIKUM PADA KELAS MEKANIKA

Penulis

  • Zani Fajrotul Ummah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

Metode teori dan praktikum, Kemandirian belajar mahasiswa

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemandirian mahasiswa calon guru fisika pada pembelajaran mekanika dengan metode teori dan praktikum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penyebaran wawancara tertulis menggunakan google formulir. Sedangkan sampel yang digunakan adalah masing-masing lima mahasiswa dari kelas A dan kelas C Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Instrumen wawancara berupa sepuluh pertanyaan yang memuat empat aspek penting dalam analisis kemandirian belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh pernyataan bahwa kelas A dinilai lebih unggul daripada kelas C dengan beberapa alasan yang dijeaskan.

ABSTRACT

This study aims to analyze the independence of prospective physics teacher students in learning mechanics with theoretical and practicum methods. The type of research used is the dissemination of written interviews using google forms. While the samples used were five students each from class A and class C of Physics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Yogyakarta State University. The interview instrument is in the form of ten questions that contain four important aspects in the analysis of learning independence. Based on the results of the study, a statement was obtained that class A was considered superior to class C for several reasons that were jeased.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31